Kopilaborasi: "Seperti Lara Croft Menemukan Harta Karun Tersembunyi"



Saat menghabiskan waktu kurang lebih 5 tahun untuk berkuliah dan bekerja di Surabaya, penyejuk dan pendingin udara adalah hal yang paling familiar di manapun saya berada. Bagaimana tidak, kalau suhunya saat musim kemarau tiba bisa menyentuh angka 35 o -36o .

Alamak panasnya!!

Saya ingat salah satu kawan saya di Sleman nyeletuk,”Iya, Surabaya memang bagus fasilitas trotoarnya, tapi siapa yang mau jalan kaki di kotanya kalau panas banget?”

Hmm saya sedikit mengiyakan ucapan kawan saya tersebut.

Cuaca panas yang menyengat menjadi tantangan yang harus diterima oleh warga di Surabaya, namun saat ini ada sebuah hidden gems yang menjawab hal tersebut.

Namanya kopilaborasi, sebuah kafe di pusat Surabaya yang berlokasi di kompleks AJBS. Kopilaborasi sendiri bermakna ngopi sambil berkolaborasi. Tempat ngopi yang gak cuman ngopi aja, tapi bisa sambil berkolaborasi, baik dengan rekan sendiri, maupun dengan sesama tamu.

Konsep unik yang diusung menjadi poin plus bagi keberadaan kopi ini dibanding dengan tempat lain di Surabaya. Temanya sendiri adalah coffee, plants and friends.



“Kita ingin membawa nuansa hijau alam kedalam ruangan. Ngopi adem, sejuk, bersama teman. Karena tanaman adalah investasi oksigen. Ide awal adalah menciptakan hidden gem ditengah Surabaya. Dimana customer akan menemukan sebuah tempat tersembunyi, jauh dari hiruk pikuk dan polusi, dan menemukan kesegaran,” ujar salah satu pengelola Kopilaborasi.

Hal ini diakuinya untuk memberikan suasana yang berbeda dari kafe lainnya di Surabaya.

Ia mengibaratkan seseorang yang berkunjung ke Kopilaborasi seperti karakter Lara Croft ketika menemukan harta karun tersembunyi. Hal ini dikarenakan sebagian besar pengunjung merasa bingung ketika baru berada di depan. Bingung mencari tempatnya, dan ketika membuka pintu, mereka menemukan sesuatu yang amazing.



Saya mengamininya karena saat pertama kali menginjakkan kaki akan disambut dengan deretan pot dan tanaman yang berjajar rapi di rak serta langit-langit atap. Lalu pengunjung akan diarahkan ke sebuah pintu besar bertuliskan Kopilaborasi, di saat itulah saya sadar ada sesuatu di balik pintu tersebut dan saat membukanya pandangan saya langsung tertuju pada deretan kursi dan meja yang tertata rapi. Aksen dan ornamen yang menghiasi nampak serasi dan selaras dengan tema yang diusung.

Kopilaborasi adalah kafe berbasis komunitas. Pengelola kafe menciptakan dan menggandeng banyak komunitas untuk beraktivitas, memanfaatkan ruang dan tempat yang ada di Kopilaborasi.

“Acara reguler kita adalah ngomongtalk, sebuah acara sharing dunia foto video. Biasanya sebulan sekali, dan ini sudah masuk sesi ke 15. Untuk floraborasi, ini adalah acara ke 2.”

Saya kembali menyeruput Mocha Coffee yang saya pesan. Rasanya pas dan cocok bagi lidah saya. Ah iya ada juga menu Aren Latte, menu favorit pengunjung menurut barista. Harga makanan dan minuman di sini dibanderol Rp 25.000 – Rp 40.000.



Menurut saya bagi yang ingin suasana baru di tengah panasnya Surabaya dan mencari ketenangan serta kesejukan, tempat ini bisa jadi opsi untuk dikunjungi. Apalagi banyak event yang digelar dari berbagai hobi mulai dari tanaman hingga fotografi, benar-benar hidden gems di Surabaya.

Beberapa dokumentasi Kopilaborasi:

Halaman Kopilaborasi

Pop Up Store for Plants & Pot

Kursi kosong

Pot-pot unik

Pot-pot unik

Bangku kosong sisi jendela~

Interior Kopilaborasi

Pop Up Store for Plants & Pot

Selfieee

Monstera King


Lantai Kafe





**Info Tambahan

Jam buka:

Senin-jumat 08.00-22.00 

Sabtu-Minggu 07.00-22.00

Ada promo ngopi sepuluh ribu, tanya langsung promo ini ke pihak kopilaborasinya ya.



Lokasi: 


Comments

  1. Sepertinya sebentar lagi bakal ada postingan koleksi bunga baru dengan kata-kata terinspirasi dari koleksi kedai kopi ini hahahahhaa

    ReplyDelete

Post a comment

back to top